Calendar

Senin, 28 Februari 2011

Kerabat Ubi Ubian

Menurut saya ubi merupakan tanaman budidaya yang berekonomis tinggi kaya zat gizi. Rata rata memilki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh dalam kehidupan sehari hari. Ubi merupakan tanaman yang kaya akan serat sehingga cocok untuk sistem pencernaan dalam tubuh, Ubi mudah diolah dalam berbagai bentuk pangan yang menarik dan menggugah selera.

Ketela pohon (ubi kayu) Manihot esculenta crantz
Ketela pohon (ubi kayu) juga dikenal sebagai singkong di nusantara merupakan sejenis tanaman yang memiliki umbi pada bagian akar, kulitnya terdiri dari 3 lapisan:
Pertama, kulit luar yang berinteraksi dengan tanah berwarna coklat yang kadang bersisik karena ada akar skunder kecil yang menjalar.
Kedua, kulit ari yang berguna untuk melindungi isi agar tetap bersih dari kotoran yang berada dalam tanah.
Ketiga, bagian daging yang berwarna putih jika sudah diolah (direbus) akan berubah menjadi kekuningan, pada bagian inilah yang dapat di konsumsi karena terdapat serat yang berguna untuk tubuh.

Ubi jalar (ketela rambat) Ipomoea batatas L
Ubi jalar merupakan sejenis tanaman yang dibudidayakan  untuk di konsumsi yang bergizi tinggi.
Ubi jalar terbagi dalam 4 jenis:
ubi berdaging putih, berdaging kuning, ungu
dan orange . Di dalam ubi jenis ini terkandung antioksidan terutama ubi ungu yang melindungi dari radikal bebas.

Gadung (Dioscorea hispida dennst)
Gadung merupakan sejenis tanaman yang termasuk umbi umbian mengandung racun namun, jika diolah dengan benar dapat menjadi panganan yang enak. Racun yang terkandung dalam ubi ubian tersebut dapat mengakibatkan pusing dan mual serta dapat mematikan seseorang.  Gadung dapat digunakan sebagai obat kulit bagi penderita penyakit kulit.

Ganyong (canna indica L)
Ganyong merupakan sejenis umbi umbian yang langka karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. umbi ini tumbuh dengan cara tumpang sari biasanya terdapat di bawah pohon pisang. Terdapat 2 jenis ganyong: ganyong berdaun putih dan berdaun merah dengan rasa yang serupa.


Gembili (Dioscorea esculenta L)
Gembili merupakan sejenis tanaman yang langka, umbi jenis ini berukuran kecil dan bertekstur kenyal. Gembili tumbuh secara merambat di atas permukaan tanah dan batang pohonnya berduri. Ubi ini ditentukan dari kualitas tanah dan biasanya dipanen pada musim kemarau dengan tanah yang gembur. 

KImpul (Xanthosoma nigrum (Vell.) Mansfeld)
Kimpul merupakan anak umbi dari talas tubuh tanpa batang daun (tangkai daun), diolah dengan cara dikukus menghasilkan tekstur rasa yang gurih dan baunya yang khas membuat tertarik untuk mencicipinya.


Sukun
Sukun merupakan buah yang tanpa biji, bertekstur lunak setelah diolah. walaupun saya rasakan hampir sama dengan talas, daging berwarna putih hampir serupa dengan umbi umbian yang lain.




Talas (colocoasia sp)
Talas merupakan jenis umbi umbian besar, berdaun lebar berbentuk hati yang kedap air. Talas mengandung kristal yang menyebabkan rasa gatal. Talas yang enak merupakan talas yang dipanen pada musim kemarau dengan tanah yang subur.




Uwi (Dioscorea spp)


Uwi merupakan jenis umbi umbian pangan, tumbuhan ini pertumbuhannya dengan cara merambat di atas permukaan tanah. Dengan mahkota berwarna ungu. Beberapa warna daging uwi: putih, merah dan hitam.






Pada akhirnya itulah yang saya tahu tentang ubi ubian. baik yang saya pernah cicipi maupun hanya mendengar namanya saja. Mohon maaf jika ada yang kurang karena keterbatasan informasi.


(Di kutip dari: berbagai sumber)

1 komentar:

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut