Calendar

Sabtu, 11 Desember 2010

Beberapa negeri benua besar yang kurang terkenal tetapi punya potensi besar

Sebenarnya banyak negara Asia, Eropa, Afrika dan Amerika yang namanya asing di telinga saya, tetapi saya berfokus pada Asia dan  Eropa. Karena benua Afrika terlalu banyak negara kecil saya putuskan mungkin di lain waktu.saya mohon maaf apabila pilihan saya dalam  kategori negara ini dan sebelumya tidak tepat.
1.Negara Albania
Sebuah negara yang terletak di kawasan negara balkan, berbatasan dengan montenegro di utara, Serbia (Kosovo) di timur laut, Republik Makedonia di timur, dan Yunani di selatan. Laut Adriatik terletak di barat, Laut Ionia di barat daya. Albania di sebut oleh bangsanya Shqipëria, (Tanah Air Burung Elang ). Dari pemikiran itulah Elang berkepala 2 menjadi lambang negara tersebut, Albania berasal dari perkataan Indo Eropa Albh (putih).Ibu kota Tirana dengan luas wilayah 28.748 km. Jumlah penduduk 3.149.100 jiwa dengan tingkat kepadatan 123 km/jiwa. Mayoritas muslim, penduduk Albania merupakan keturunan non Slavia, suku non Turki dikenal sebagai Illyria, datang di Balkan sekitar 2000 SM. Penduduk Albania modern tetap membedakan antara Gheg (suku utara) dan Tosk (suku selatan).Negara ini di masa lampau berada di bawah kekuasaan imperium besar seperti Yunani, Roma, dan Ottoman. Merupakan akibat dari letak geografisnya di Eropa, yaitu di tengah negara sekuler dan akibat dari ssisa peninggalan komunis dulu.Dalam menghadapi situasi seperti ini, peran aktif dari rakyat agar Islam menjadi semakin berkembang dan mewarnai berbagai kehidupan masyarakat. masa lalu Albania yang berada dibawah rezim komunis telah membuat negara ini menjadi  negara miskin di Eropa dan menghadapi banyak permasalahan sosial.
2. Republik Armenia
Sebuah negara Eropa Asia yang wilayahnya terhimpit oleh negara lain.Berbatasan dengan Turki di barat, Georgia di utara, Azerbaijan di timur, dan Iran serta eksklave Nakhichevan (provinsi Azerbaijan/eksklave) di selatan. Dan selama berabad-abad menjadi daerah lintasan dan penyeberangan daerah timur dan barat. Ibu kota Yerevan dengan luas wilayah 29.800 km dan jumlah penduduk 2.976.000 jiwa dengan tingkat kepadatan 100 km/jiwa. Bangsa Armenia adalah sebuah bangsa yang berasal dari pegunungan Kaukasus dan tanah tinggi Armenia. tetapi banyak pula dari mereka yang telah tersebar di seluruh dunia banyak Mereka berada di Rusia, Georgia, dan Iran karena letak negara ini memang dekat dengan Armenia yang merupakan pusat dari bangsa ini.
3. Republik Azerbaijan
sebuah negara di kawasan Kaukasus selatan berbatasan dengan Rusia di utara, Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan, Turki di barat, eksklave Nakhichevan (provinsi Azerbaijan/eksklave).di utara Armenia. Bangsa Azerbaijan keturunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani,(Azeri). Ibu kota Baku dengan luas wilayah 86.600 km. dan jumlah penduduk 9 juta jiwa. dengan tingkat kepadatan 103 km/jiwa. Negara ini dikenal sebagai Tanah Api karena nyala api dari semburan gas alam dan praktik penyembahan api pada masa lalu. kombinasi lokasi srategis dan sumber daya alam yang melimpah yang menjadi berkah dan kutukan bagi negara ini pada masa lampau hingga sekarang. peninggalan sejarah dan kebudayaan banyak terdapat di negara ini. selama 16 tahun negara ini terus berupa keras menuntut kembali wilayahnya (Nagorno - Karabakh) dari  agresi Armenia.
4.Republik Belarusia
sebuah negara di Eropa Timur dibatasi oleh negara Latvia (utara), Lituania (barat laut), Polandia (barat), Rusia (utara dan timur), dan Ukraina (selatan). Ibu kota Minsk dengan luas wilayah 207.600 km dan jumlah penduduk 10.293.000 jiwa dengan tingkat kepadatan 49km/jiwa. Antara abad ke 6 dan ke 8, di daerah ini dihuni oleh bangsa Slavia, yang mendominasi negeri ini. Secara bertahap bangsa Slavia Timur Awal berinteraksi dengan bangsa Varangia  terutama di daerah sekitar Polatsk kini di utara negeri ini. Pada abad ke 13, negara itu terkena dampak buruk oleh serangan Mongol, Negara ini berdaulat 27 Juli 1990, dan secara resmi menjadi Republik 25 Agustus 1991, mendapatkan kemerdekaan penuh.
5. Kerajaan Bhutan
Sebuah negara kecil di bawah Pegunungan Himalaya Asia Selatan. Dikenal dengan Negeri Naga Guntur/Druk Yul berarti Negeri Naga(kerajaan naga). Wilayahnya terhimpit antara india dan cina.  Ibu kota Trmphu dengan luas wilayah 47.500 km dan jumlah penduduk 2.232.291 jiwa dengan tingkat kepadatan 45km/jiwa. Merupakan negara termiskin tetapi termasuk negara terbahagia didunia. Bukan kebahagiaan yang berasal dari pemuasan nafsu dunia fana, melainkan berasal dari iman dan konsep kesederhanaan. Dalam bahasa Sansekerta Bhutan berarti “Dataran tinggi di sebelah Tibet”.menurut sejarah  negara Lhomon ("kegelapan dari selatan"),/Monyul ("Tanah Gelap"), mengarah pada Monpa, penduduk asli Bhutan sudah ada antara 500 SM dan 600 M. Lhomon Tsendenjong (Negeri Cendana), dan Lhomon Khashi,/ Mon Selatan (negeri 4 tujuan) telah ditemukan dalam kronik Bhutan dan Tibet kuno.
6. Republik Kirgizstan
Sebuah negara sebelum berpisah dari Uni Soviet dikenal sebagai Kirgisia negara yang terletak di Asia Tengah. Berbatasan dengan Republik Rakyat Cina, Kazakhstan, Tajikistan, dan Uzbekistan. Ibu kota berada di Bishkek(dulu Frunze).Dengan luas wilayah 198.500 km dan jumlah penduduk 5.214.000 jiwa kepadatan penduduk 25 km/jiwa. terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan. Issyk Kul  (danau terbesar di Kirgizstan dan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Titicaca).
7. Republik makedonia
Sebuah negara yang terletak di semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Berbatasan dengan Serbia (Kosovo) di utara, Albania di barat, Yunani di selatan, dan Bulgaria di timur. Ibukota Skopje, dengan luas wilayah 25.713 km. penduduk 506.926 jiwa denngan tingkat kepadatan 79 km/jiwa Suku  Slav yang menempati daerah Makedonia(suku Draguvite, Sagudate, dan Strymonoi).dikarenakan oleh kedatangan bangsa Slav, mulai berpindah menempati daerah baru di pegunungan dan di daerah perbentengan sekitar Yunani. Negara ini  memiliki iklim transisi, yaitu gabungan antara iklim Mediteranian dan iklim kontinental. Pada musim panas, Negara ini  cenderung panas dan kering. Sedangkan pada musim dingin, cenderung agak dingin. Rata-rata curah hujan bervariasi dari 1.700 mm di daerah pegunungan barat - 500 mm di daerah timur.
8.Republik Georgia
sebuah negara di timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara benua Eropa dan benua Asia. Berbatasan dengan Rusia di  utara, Turki di  barat daya, Armenia di selatan serta Azerbaijan di  timur.Ibu kota Tblis. Luas wilayah  69.700 km², berpenduduk 4,4 juta jiwa. dengan kepadatan 67km/jiwa.
9. Republik Tajikistan
Sebuah negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afganistan, Republik Rakyat Cina, Kirgizstan, dan Uzbekistan. kondisi geografisnya merupakan dataran tinggi yang tidak berbatasan 
dengan laut. Ibu kota Dushanbe dengan luas wilayah 143.100 km. berpenduduk 7.321.000 jiwa dengan tingkat kepadatan 50 km/jiwa.
10.Republik Kazakhstan

Sebuah negara yang terbesar setelah Rusia. Di negara ini banyak terdapat etnis Rusia. Tempat peluncuran roket luar angkasa Rusia, Baikonur, juga terletak di negara ini. Kazakhstan berbatasan dengan Rusia, Republik Rakyat Cina, Kirgizstan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Laut Kaspia.Ibu kota Astana dengan luas wilayah 2.724.900 km. berpenduduk 17.200.461 jiwa dengan tingkat kepadatan 6 jiwa/km. Bangsa Kazakh merupakan etnis terbesar yang menempati wilayah tersebut dan merupakan keturunan dari kabilah Turki dan Mongol. Seiring dengan bubarnya Uni Soviet, negara tersebut memerdekakan diri dan menjadi negara berbentuk Republik.
11. Republik Turkmenistan(Turkmenia)
Sebuah negara yang terletak di Asia Tengah dan berbatasan dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar ke 5 di dunia. Ibu kota Ashgabat dengan luas wilayah 488.100 km. berpenduduk 4.952.081 jiwa dan tingkat kepadatan 10km/jiwa.Wilayah Turkmenistan telah lama dikenal banyak orang dalam sejarah. Banyak pasukan dari berbagai kerajaan yang dikirim ke wilayah ini, demi mendapatkan wilayah yang lebih makmur. Wilayah ini sudah lama dikenal terutama oleh berbagai kekaisaran Persia. Dimulai saat Kekaisaran kuno pertama Persia menaklukan wilayah ini dan membaginya dalam 3 wilayah, Margiana, Khwarezmia, Parthia.Aleksander Agung menaklukan wilayah ini pada perjalanannya menuju Asia Tengah, dan pada saat itu pula Jalur Sutra sebagai jalur perdagangan utama yang menghubungkan Asia dan Cekungan Mediterania.
12. Republik Uzbekistan
Sebuah negara di asia tengah dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di barat dan utara; Kirgizstan dan Tajikistan di timur; dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Ibu kota Tashkent luas wilayah 447.400 km berpenduduk 26.851.695 jiwa dengan kepadatan 60 km/jiwa. Wilayah Uzbekistan telah dihuni sejak milennium kedua SM. Hal ini terbukti dengan adanya  temuan perkakas purba manusia serta monumen di daerah Ferghana, Tashkent, Bukhara, Khorezm (Khwarezm, Khorasmia) dan Samarkand. Pada abad ke 14 M., wilayah ini yang juga dikenal sebagai Timur Lenk, mengalahkan bangsa Mongol dan membangun sebuah imperium. Dalam peperangannya, Timur Lenk memperluas wilayahnya hingga ke Timur Tengah. Ia mengalahkan Sultan Ottoman Bayezid I dan meninggal selama penahanan. Timur Lenk berusaha membangun ibukota imperiumnya di Samarkand. Kini Timur Lenk dianggap sebagai salah satu pahlawan terbesar di Uzbekistan yang memainkan peranan penting dalam identitas dan sejarah nasionalnya. Setelah jatuhnya Imperium Timur Lenk, kaum nomaden Uzbek merebut wilayah ini.
13. Republik Estonia
sebuah negara di Eropa Tengah. Berbatasan dengan Latvia di selatan dan Rusia di timur.dipisahkan dari Finlandia di utara oleh Teluk Finlandia dan dari Swedia oleh Laut Baltik di barat. Ibu kota Tallinn dengan luas wilayah 45.226 km. berpenduduk 1.344.684 jiwa dengan kepadatan 29,8 km/jiwa. posisi unik geografisnya, menyebabkan pada saat tertentu sinar matahari menyinari negara ini lebih lama, sehingga dikenal dengan sebutan White night in Estonia. 
14.  Republik Moldova
Sebuah negara yang terletak di antara Rumania dan Ukraina, di Eropa Timur. yang tidak mempunyai pantai & laut. Ibu kota Kishinev dengan luas wilayah 33.846 km berpenduduk 3.567.500 jiwa dan kepadatan 121,9 km/jiwa. merupakan bagian dari Kepangeranan Moldavia pada abad pertengahan. Pada masa Neolitik, wilayah ini merupakan pusat peradaban Cucuteni Trypillia. yang berlangsung tahun 5500 - 2750 SM  telah mengenal pertanian, peternakan, perburuan dan tembikar. Pada era klasik, bangsa Dacia menghuni wilayah ini. Antara abad ke 1 - ke 7, wilayah ini dikuasai oleh Kekaisaran Romawi. Karena terletak di rute antara Asia dan Eropa. Pada tahun 1991, Uni Soviet runtuh, dan Moldova menyatakan kemerdekaannya pada 27 Agustus 1991.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut