Calendar

Jumat, 10 Desember 2010

Negara kepulauan kecil yang kurang terkenal tetapi unik

1.Republik Nauru
Merupakan negara dari salah satu negara terkecil di dunia.dengan luas wilayah 21 km dan penduduk 10.600 jiwa kepadatan 621jiwa/km.negara yang berada di lautan pasifik ini tidak memiliki ibu kota maupun kota pada umumnya hanya berupa distrik.namun PBB dan secara de fakto yaren di anggap sebagai ibu kota karena pusat pemerintahan pusat berada di distrik ini.
2.Republik San Marino
Merupakan republik konstitusional tertua di dunia secara resmi berdiri tahun 301 dan konstitusi di berlakukan pada tahun 1600 hingga kini.namanya sendiri berasal dari santo marinus,harapan hidup negara ini cukup tinggi pria 52-78 tahun dan wanita 72-85 tahun.negara ini bergantung pada italia yang mengelilinginya.dengan luas wilayah 61,2km penduduknya 29.251 jiwa dan kepadatan 471 jiwa/km.
3.Negara Barbados
sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan laut karibia dan samudra atlantik.Merangkum gugusan pulau antiles kecil terletak di bagian timur gugusan tersebut.Penduduk asli pulau ini adalah suku arawak pada tahun 1536 Penjelajah portugal pedro a compos menamakan pulau ini Los Barbados(mereka yang berjanggut),mungkin setelah melihat pohon(fig)di pulau ini,yang mempunyai akar bergantungan yang panjang berjuntai seperti janggut.Ibu kota brigetown dengan luas wilayah 431km dan penduduk 279.000 serta kepadatan 641 jiwa/km.
4.Negara Kepulauan Samoa(Kepulauan Penjelajah)
negara samoa wilayahnya seluas 3.030 km² di tengah  Samudera pasifik selatan yang membentuk daerah polinesia.Penduduknya berjumlah 250 ribu jiwa yang berbicara bahasa samoa.Saat ini Kepulauan Samoa terbagi menjadi dua entitas politik.samoa dan samoa barat yang masing - masing mempunyai histori yang berbeda.
5.Republik Kepulauan Marshall
sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat.berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di selatan,Mikronesia di barat,dan Pulau Wake di utara.
walaupun warga mikronesia menghuninya pada abad 2000 SM, pengetahuan tentang sejarah awal negara ini hanya sedikit.penjelajah spanyol, Alonso de Salazar merupakan orang Eropa pertama yang menemukan kepulauan ini tetapi tidak pernah dikunjungi lagi selama beberapa abad hingga kapten Inggris John Marshall mengunjunginya pada 1788.pada perang dunia II  hingga 1960 AS melaksanakan beberapa uji coba nuklir Akibatnya, banyak penduduk yang terkena efek radiasi tinggi sehingga klaim kompensasi masih berlangsung hingga kini.dan sebuah perjanjian Compact of Free Association dengan AS pada 1979 yang mulai berlaku pada 1986.kepulauan ini terdiri dari 29 atol(suatu pulau yang mengelilingi sebuah laguna/air yang tertutup di belakang gugusan karang sebagian atau seluruhnya)dan 5 pulau terpencil. populasinya tinggal di atol majuro (ibu kota)&ebeye siklon tropis kadang melanda kepulauan ini.
6.Republik Palau(Belau)
sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina.merdeka pada tahun 1994 terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.Sebuah lentera batu yang merupakan satu-satunya simbol agama Shinto Shrine di luar Jepang.Meskipun terlihat lebih Amerika dibanding orang Mikronesia lainnya,mereka terus memegang teguh kebudayaan matrilineal mereka yang sudah tua.3 arus lautan yang bertemu di Palau membawa kehidupan laut yang lebih beraneka ragam dibanding laut Karibia.Terdapat lebih dari 1.000 spesies ikan dan lebih dari 700 spesies karang.merupakan salah satu dari 7 keajaiban bawah air yang mengagumkan.Ibu kota melekeok dengan luas 458 km.jumlah penduduknya 20.164 tingkat kepadatan 44km/jiwa.merupakan negara kepulauan terkecil yang terluas.
7.Negara Tuvalu(Kepulauan Ellice)
sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawai dan Australia di samudra pasifik.titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5m di atas permukaan laut.dengan Ibu kota funafuti dan luas wilayah 26 km2 jumlah penduduk 11.500 jiwa dengan tngkat kepadatan 447 jiwa/km2.Negara ini rentan terhadap banjir dan banjir pasang.pemimpin negara ini sudah membeli salah satu pulau di kepulauan karibia,untuk mempersiapkan segala kemungkinan terburuk.negara ini juga berniat bebas karbon dan mendapatkan semua energi dari yang terbarukan pada 2020.
8.Republik Kepulauan Fiji
sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik, di sebelah timur vanuatu,sebelah barat tonga dan sebelah selatan dari tuvalu Fiji memiliki 322 pulau,106 di antaranya berpenghuni.Selain itu ada pula 522 pulau kecil. Ke 2 pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara ini.dengan luas wilayah 18270 km dan penduduknya 825.478 jiwa dengan tingkat kepadatan  484km/jiwa. Nama Fiji adalah sebuah kata kuno dalam bahasa Tonga(Viti)untuk kepulauan itu, yang berasal dari nama dalam bahasa fiji.Ibu kota Fiji,suva terletak di pulau ini. Di Fiji banyak imigran yang berasal dari india/pakistan.bendera fiji diadopsi tanggal 10 oktober 1970 pada saat Fiji memperoleh kemerdekaannya.Lambang negara Fiji telah berubah sedikit, namun bendera Fiji tetap sama. Bendera ini berlatar belakang biru terang,yang melambangkan samudra pasifik Bendera union jack di kiri atas melambangkan hubungan negara ini dengan inggris.Fiji ditemukan oleh penjelajah belanda abel tasman ketika berusaha menemukan Benua Selatan Besar.pada 1643.fiji pernah kehilangan dokumen berharga yang menyatakan kemerdekaan negara pasifik tersebut dari inggris pada 1970.piagam kemerdekaan tersebut telah hilang selama 5 tahun lebih.hingga sekarang pemerintah masih terus mencarinya.akhirnya perintah meminta salinannya dari inggris.
9.Negara Aruba
sebuah pulau antlen kecil  sepanjang 33 km di Laut Karibia sebelah selatan, terletak 27 km sebelah utara pesisir Venezuela.dengan ibu kota Oranjestad.Bersama Bonaire dan Curaçao, Aruba membentuk suatu kelompok pulau yang sering disebut sebagai Kepulauan antilen leeward rangkaian pulau selatan antilen kecil.yang merupakan satu dari 4 negara konstituen yang membentuk Kerajaan Belanda bersama dengan Belanda, Curaçao, dan Saint Maarten.Warga Aruba memegang paspor Belanda.negara pulau yang tidak memiliki pembagian administratif.Aruba memiliki iklim yang kering dengan lanskep tumbuhan kaktus. Iklim ini menjadi daya tarik pariwisata para turis dapat menemukan cuaca yang hangat dengan matahari yang bersinar terik. Aruba memiliki wilayah seluas 193 km dan dipadati oleh 103.000 penduduk.dengan tingkat kepadatan 534 jiwa/km.
10.Antigua dan Barbuda
sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia timur.Kepulauan ini bagian dari Kepulauan Antilles Kecil dan berbatasan dengan Guadeloupe di selatan,Montserrat di barat daya,Saint Kitts dan Nevis di barat,dan Saint Barthélemy di barat laut.Ibu kota St. John's Penduduknya berjumlah 31.000 jiwa.merupakan kota terbesar utama.memiliki luas wilayah 10 km².dengan memiliki kepadatan penduduk sebanyak 3.100 jiwa/km².bangsa Indian pra keramik bangsa pertama yang menghuni pulau Antigua dan Barbuda pada 2400 SM.Kemudian suku Indian Arawak dan Karib mendiami pulau itu.Pulau Antigua awalnya dinamai Wadadli oleh penduduk asli.pada 1493 columbus memberi nama pulau itu Antigua.Pulau ini memiliki iklim hangat dan tropis dengan suhu tetap sepanjang tahun.
11.Republik Seychelles
sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia sekitar 1.600 km timur daratan Afrika,dan timur laut Madagaskar.Negara tetangganya Mauritius dan Reunion di selatan,Komoro dan Mayotte di barat daya,dan Maladewa di timur laut.Ibu kota victoria,luas wilayah 455km penduduk negara ini sebagian besar imigran dari Perancis, Afrika,India dan China.dengan bahasa prancis sebagai bahasa resmi.populasi penduduk 81.895 jiwa dengan kepadatan 178 jiwa/km.Pendapatan negara ini berasal dari ekspor tuna,kelapa,cinammon, vanila, ubi jalar,pisang,tapioka dan pertambangan minyak.
12.Federasi Mikronesia
sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik( terletak di wilayah Oceania sebagai bagian dari kelompok kepulauan yang tersebar di wilayah utara)yang berasosiasi secara bebas dengan Amerika di kawasan Mikronesia di timur,papua nugini.terdiri dari 607 pulau yang terbagi menjadi 4 negara bagian.Nenek moyang bangsa Mikronesia telah berada di kepulauan Caroline lebih dari 4,000 tahun yang lalu.yang dipimpin oleh seorang kepala suku. secara bertahap bergabung lebih terpusat di Yap. Penjelajah Eropa yang pertama datang adalah Portugis yang sedang dalam perjalanan mencari rempah-rempah.ibu kota Palikir luas wilayah 702 km,jumlah penduduk 108.105 dengan tingkat kepadatan 153 jiwa/km.dibentuk pada tahun 1978 melalui hasil referendum masyarakat dari 4 distrik yaitu Truk(Chuuk),Yap,Ponape(Pohnpei),dan Kusaie (Kosrae). Berdasarkan konstitusi yang diberlakukan pada tahun 1979,4 distrik menjadi negara bagian yang dikepalai oleh seorang Gubernur(Governor of States).negara ini merdeka secara penuh,setelah penandatanganan perjanjian hubungan tidak mengikat dengan AS pada tahun 1986,dan berlaku mulai tahun 2004.
13.Negara Bermuda
sebuah wilayah di Samudra Atlantik utara.Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara,Amerika.Wilayah yang terdiri dari 138 pulau dibagi menjadi 10 lingkungan (parish) dan 2 munisipalitas.Bermuda wilayah Britania Raya sebagai titik di utara, Puerto Riko,Amerika di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika di sebelah barat.Ibu kota Hamilton.luas wilayah 58,8 km².dengan  penduduk 65.773 jiwa dan tingkat kepadatan 1.096/km².
14.Negara Grenada
sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward,Karibia.Letaknya sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela.merupakan negara terkecil ke 2 di belahan bumi Barat(setelah Saint Kitts dan Nevis).Negara ini pernah menjadi tumpuan perhatian dunia ketika Amerika mengintervensi langsung negara ini pada 25 Oktober1983.Serangan itu dilakukan atas permintaan organisasi negara Karibia Timur karena khawatir akan gerakan kiri yang dipimpin rezim pro Kuba.dengan alasan melindungi 1.000 warga AS di sana.Ibukota Saint George's dengan luas wilayah 344 km dan penduduk 92.808 dengan tingkat kepadatan 260 km/jiwa.Bendera Grenada ketika kemerdekaan diperoleh dari Britania Raya,7 Februari 1974. Ke 6 bintang pada garis merah berarti ke 6 paroki di negara itu,dengan bintang tengah,dilingkari oleh warna merah,Simbol pada bagian bendera adalah sebiji pala,merupakan hasil utama di Grenada(Grenada telah dikenal sebagai Pulau Rempah).Gabungan warna merah, emas,dan hijau, pada bendera adalah perwakilan bagi identitas Afrika negara itu.Bendera sipil sama dengan bendera nasional dengan rasio 1:2 dari pada 3:5.Bendera laut didasarkan pada Bendera Putih Britania,dengan bendera nasional di kanton.
15.Negara Saint Vincent dan Grenadines
merupakan negara kepulauan Wilayah ini ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498.Britania Raya menguasai negeri ini hingga kemerdekaannya pada 1979.Bertetangga dengan Saint Lucia di utara dan Barbados di timur, luas wilayahnya hanya 1/2 Pulau Ambon.Ibukota Kingston.dan merupakan pelabuhan utama di pulau St Vincent.Luas wilayah:389 km2 Jumlah penduduk:118.432 jiwa dengan tingkat kepadatan 302 km/jwa.sektor pertanian merupakan pusat dari seluruh pulau dan gerbang utama bagi wisatawan.Lebih dari itu negara ini mempunyai point of interest yang mendatangkan penghasilan bagi negara dan bangsanya.Dan yang sangat potential adalah pariwisata.Karena letaknya yang berdekatan, maka dalam waktu yang singkat wisatawan bisa berkunjung dari 1 negara ke negara lainnya.Jarak antara Negeri ini dengan tetangganya hanya beberapa menit,(antara St. Vincet - Barbados 30 menit,antara St.Vincet - St.Lucia 20 menit,dan 45 menit dari Grenada,2 jam lebih dari Puerto Rico).
16.Negara Saint Kitts dan Nevis
sebuah negara kepulauan yang terletak di Kepulauan Leeward,Karibia.Ibu kota Basseterre luas wilayah 261 km dengan jumlah penduduk 31.800 jiwa dan tingkat kepadatan 149 km/jiwa di Pulau Saint Kitts.Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts. 
17.Republik Vanuatu
sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik selatan.di timur Australia,timur laut Kaledonia Baru,di barat Fiji dan di selatan Kepulauan Solomon.Negara ini dahulu bernama Hebrides Baru semasa penjajahan.Vanuatu terdiri dari 83 pulau 2 di antaranya Matthew dan Hunter.yang menjadi sengketa antara Kaledonia Baru.Ibu kota port vila dengan penduduk 217.218 jiwa tingkat kepadatan 16 km/jiwa.negara ini adalah negara kecil dan terpencil.penduduknya hanya sekitar 1/4 juta dan Hanya sebuah titik di hamparan luas samudera.Negeri yang terdiri dari 6 propinsi ini baru merdeka dari Inggris dan Prancis pada tahun 1980.35 tahun lebih muda dari Indonesia.yang menarik tentang negeri ini karakter pendiam bangsa Vanuatu.Bangsa ini tidak suka sombong.
18.Republik Kiribati
sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Ke 33 atol negara ini tersebar sepanjang 3.500.000 km² di dekat khatulistiwa.Namanya adalah transliterasi Gilberts/kelompok kepulauan terbesar,(Kepulauan Gilbert dalam bahasa setempat).dihuni sebuah kelompok etnis Mikronesia yang bertuturkan suatu jenis bahasa Oseanik yang sama selama 2.000 tahun.pada tahun 1820 seorang admiral Estonia,Adam von Krusenstern,dan kapten Perancis,Louis Duperrey menamakan pulau ini yang berasal dari nama Thomas Gilbert,yang menyeberangi kepulauan ini pada tahun 1788.Pada tahun1892 Kepulauan Gilbert menjadi sebuah protektorat Britania Raya bersama Kepulauan Ellice yang berdekatan.kemudian menjadi koloni pada tahun 1916 dan akhirnya menjadi daerah otonomi pada tahun 1971.pemerintah negara ini menyiapkan rencana pengungsian terbesar,jika suatu saat pemanasan global menenggelamkan negara di kawasan Pasifik itu.Rencana tersebut akan disampaikan dalam konferensi perubahan iklim di Tarawa, pulau utama Kiribati,Konferensi ini dihadiri oleh negara kepulauan di sekitar Pasifik serta sejumlah negara kekuatan utama,(Cina, Amerika Serikat dan Jepang).Kiribati yang dihuni 100 ribu orang harus menyiapkan segala kemungkinan yang muncul akibat pemanasan global,termasuk merelokasi warganya.Terletak di Timur Indonesia dengan luas area 811 km persegi,negara ini adalah negara pertama yang terpaksa mencari tempat mengungsi karena perubahan iklim.wilayahnya tenggelam setiap pasang.kejadian tenggelamnya pulau ini baru saja,Walaupun baru saja, tapi ini sangat sering sehingga mengganggu penduduk Kiribati yang berjumlah 113.000 jiwa,Ditambah seringnya badai yang melanda kepulauan ini.
19.Negara Guam
sebuah pulau di barat Samudera Pasifik dan sebuah organized unincorporated territory Amerika Ibukota  Hagatna(Agana) dengan luas wilayah 541,3 km penduduk 178 ribu jiwa dengan kepadatan 320 km/jiwa.ekonomi Guam berasal dari sektor pariwisata(90%Jepang)dan pangkalan Tentara Amerika.Sebagai salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tanggal Internasional,sehingga Guam dijuluki sebagai tempat Amerika dimulai,yang menjadi semboyan teritorial pulau itu.Guam merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan ular yang tertinggi di dunia (2.000 ular/km²).
20.Negara Tonga
sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik selatan,sekitar 1/3 perjalanan antara Selandia Baru dan Hawai.Tonga terletak di  selatan Samoa dan timur Fiji.Negara ini terdiri dari 176 pulau,36 di antaranya berpenghuni.Pulau terbesarnya Tongatapu.Ibu kota Nuku'alofa dengan penduduk 114.689 jiwa dan kepadatan 150 jiwa/km.
21.Negara kepulauan Marianas
sebuah negara kepulauan yang berada di Lautan Pasifik barat.Terdiri dari 15 pulau,yang terletak antara Hawai dan Filipina.negara ini memiliki perbandingan(pria & wanita)yang tertinggi di dunia,Palung Mariana/Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang berada di kerak Bumi.terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik timur Kepualauan Mariana dekat dengan Jepang.merupakan batasan 2 lempeng tektonik bertemu.Dengan Ibu kota saipan luas wilayah 477 km dan penduduk 8.006 tingkat kepadatan 168 jiwa/km zona subduksi Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina.Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania,yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut challenger.Di dasar Palung Mariana,tekanan air sebesar 1.086 bar(108 MPa/15.751 psi).
22.Negara Saint Lucia
sebuah negara kepulauan di Laut Karibia bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Atlantik.Sebagai bagian dari Antilles Kecil,Saint Lucia berada di utara Saint Vincent dan Grenadines dan selatan Martinique.Ibu kota Castries dengan luas wilayah 616 km jumlah penduduk 165.169 jiwa tingkat kepadatan 169 jiwa/km.
23.Republik Dominika
sebuah negara kepulauan Karibia.Negara yang terletak di gugusan timur Laut Karibia diapit oleh 2 negara kepulauan kecil lainnya,yaitu Guadeloupe dan Martinique.Pada 1493,negara ini diperebutkan oleh Britania Raya dan Perancis.Namun sejak 1815 Britania menguasainya dan pada 1978 memperoleh kemerdekaannya. Dominika salah satu negara terkecil di dunia(ke172)hanya seluas Pulau Ambon di Maluku.Penduduk asli Dominika,orang Arawak,diusir dan dimusnahkan oleh orang Karibia di abad ke14.Orang Arawak dipandu ke Dominika,dan pulau lain di Karibia,oleh aliran Khatulistiwa Selatan dari perairan Sungai Orinoco.Ibu kota Roseau dengan luas wilayah 754 km,jumlah penduduk 71.794 jiwa dan kepadatan 91 km/jiwa.Keturunan Taino awal diusir oleh suku Karibia bernama Kalinago.Selama ratusan tahun Dominika tetap terisolasi,dan orang Karibia tinggal di sana setelah diusir dari pulau di sekitarnya saat kuasai Eropa masuk kawasan ini.Awalnya Perancis menyerahkan kepemilikan Dominika ke Britania Raya pada1763.Britania Raya merancang pemerintahan dan menjadikan pulau itu koloni pada1805.Emansipasi budak Afrika terjadi pada tahun 1834,dan1838.Dominika menjadi koloni Karibia Britania pertama yang memiliki legislatur yang dikendalikan kulit hitam.Pada1896,Britania Raya mengambil kembali kendali pemerintahan Dominika 1/2 abad kemudian,antara1958-1962,Dominika menjadi provinsi Federasi Hindia Barat yang berumur pendek.Pada1978 Dominika akhirnya menjadi negara merdeka.
24.Negara Guadeloupe
sebuah departemen seberang laut Perancis yang terletak di Laut Karibia timur,sebelah tenggara Puerto Riko. Guadeloupe juga termasuk dari 26 région Perancis.Perekonomian Guadeloupe bergantung pada sektor pertanian (tebu dan pisang)dan pariwisata.Guadeloupe terdiri dari 5 pulau Basse Terre,Grande Terre,La Désirade,Les Saintes,dan Marie Galante.Secara administratif,dibagi menjadi 34commune, di antaranya Saint Barthélemy kepulauan Guadeloupe,yang merupakan bagian dari Kepulauan Antilles Kecil teritori seberang laut Perancis.Basse Terre terletak di barat daya pulau,di kaki gunung berapi La Soufrière.negara rendah,diduga berdasarkan istilah maritim dari 17 abad, yang menandai tempat di pantai terlindung dari angin kencang.luas wilayah 702 km,penduduk 438.500(sekitar 15 ribu jiwa)dengan tingkat kepadatan 266jiwa/km. 
25.Negara Martinique(Martinik)
sebuah negara pulau berstatus wilayah seberang lautan Perancis di Laut Karibia bagian timur.Sebelah barat laut berbatasan dengan Dominika dan di selatan berbatasan dengan St. Lucia.Martinik termasuk dari 26 region(negara persemakmuran Perancis).Sebagai bagian dari Perancis,Bahasa resmi bahasa Perancis walaupun sebagian besar penduduknya menggunakan bahasa Kreol sebagai bahasa setempat.Ibu kota Fort de Frence dengan luas wilayah 1.128km.
26.Republik Trinidad & Tobago
sebuah negara kepulauan di Laut Karibia selatan,11 km dari pesisir Venezuela.Ia terdiri dari 2 pulau utama,Trinidad dan Tobago,dan 21 pulau lainnya.dibagi menjadi 9 Regional Corporation dan 5 munisipalitas di Trinidad serta sebuah Majelis Dewan di Tobago.Ke 5 munisipalitas(Borough Arima,Chaguanas dan Point Fortin serta Kota Port of Spain dan San Fernando).Ke 9 Regional Corporation(Couva Tabaquite Talparo,Diego Martin,Penal Debe,Princes Town,Rio ClaroMayaro,San Juan Laventille,Sangre Grand,Siparia dan Tunapuna Piarco).Ibu kota Port of Spain luas wilayah 5.128 km.jumlah penduduk 1.300.000 jiwa dan tingkat kepadatan 212 jiwa/km.
27.Negara Bahama(Bahamas)
sebuah negara yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia. Florida,Amerika terletak di barat,dan Kuba di selatan.bangsa Paleo Indian telah menghuni tempat ini sebelumnya,bangsa Indian Taino dari Hispaniola dan Kuba pindah ke Bahama selatan sekitar abad ke 7 dan menjadi bangsa Lucayan.Ibu kota Nassau dengan luas wilayah 13.940 km dan berpenduduk 304.913 jiwa dengan tingkat kepadatan 21 km/jiwa.Setelah populasi Lucayan dibantai, pulau Bahama sebenarnya tak berpenghuni hingga Inggris datang dari Bermuda pada 1650.Yang disebut Petualang Eleuther mendirikan permukiman di pulau Eleuthera.Beberapa pihak mengatakan nama Bahama berasal dari bahasa Spanyol(baja mar)laut dangkal,Lainnya melacak ke kata Lucayan untuk Pulau Grand Bahama,ba-ha-ma(tanah tengah atas besar).
28.Republik Mauritius
sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia,sekitar 900 km timur Madagaskar.Selain Pulau Mauritius,negara ini juga mencakup Kepulauan Cargados Carajos,Rodrigues dan Kepulauan Agalega. Mauritius termasuk dalam Kepulauan Mascarene,beserta Pulau Reunion milik Perancis 200 km barat daya Mauritius.Ibu kota Port Luise dengan luas wilayah 2.040 km.jumlah penduduk 1.211.308 jiwa dan tingkat kepadatan 603 jiwa/km.Pulau Mauritius ditemukan oleh bangsa Portugal tahun 1505,dijajah oleh Belanda tahun 1638. Belanda menamakan Mauritius untuk mengenang Pangeran Maurice dari Nassau.Perancis menguasai pulau itu sepanjang abad ke 18.lalu menamakannya Ile de France.Mauritius kemudian dikuasai oleh Britania Raya tahun 1810 dan dikembalikan ke nama semula. 
29.Republik Demokratik Sao Tome & Principe
sebuah negara kepulauan yang terletak 300 km dekat garis khatulistiwa dan 250 km dekat Samudra Atlantik dan terletak di sebelah utara-barat lepas pantai Gabon.Negeri ini merupakan negara terkecil di Afrika.Sao Tome & Principe terdiri dari beberapa pulau kecil bergunung api,2 nama pulau terbesar São Tomé & Principe menjadi nama negara ini.Ibu kota Sao Tome dengan luas wilayah 964 km.jumlah penduduk 193.313 jiwa dengan tingkat kepadatan 187 km/jiwa.Merupakan pulau yang subur,negara ini pernah menjadi produsen gula terbesar di dunia pada abad ke 20.Namun citra kopi lebih populer karena lebih banyak ditanam di lahan subur.Ini terjadi pada daerah koloni lain seperti Angola, Mozambik, Tanjung Verde.Luasnya hanya 67% dari luas DKI Jakarta.
30.Republik Tanjung Verde
sebuah republik yang terletak di rantai kepulauan di Samudra Atlantik Utara,pesisir barat Afrika.
Pulau yang sebelumnya tak berpenghuni tersebut ditemukan dan dijajah oleh bangsa Portugis pada abad ke 15;Ibu kota Praia,luas wilayah 4.033 km dan penduduk 420.901 jiwa dengan tingkat kepadatan 103 jiwa/km.mereka kemudian menjadi pusat perdagangan untuk budak Afrika.Kebanyakan penduduk Tanjung Verde keturunan dari 2 kelompok tersebut.Tanjung Verde dinamakan berdasarkan Cap Vert,kini di Senegal,titik terbarat Afrika.
31.Negara solomon
sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik selatan yang terletak di timur Papua Nugini.Dia terdiri dari 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 km².Kepulauan Solomon memiliki sejumlah pulau seperti Guadalcanal,Malaita,Santa Isabel,Makira dan Sikaiana.Jarak antara pulau paling barat dan paling timur ialah ±1.500 km.Ibu kota Honiara jumlah penduduk 483.083 jiwa dengan tingkat kepadatan 18 jiwa/km.Kapal penjelajah Spanyol Álvaro de Mendaña de Neira pertama kali mencatat tentang pulau Santa Isabel pada 7 Februari 1568.Karena ada tanda emas di Guadalcanal,Mendaña percaya bahwa ia menemukan sumber kekayaan Raja Salomo,dan menamai pulau itu "Pulau Salomo".Pada 1595 dan 1605 Spanyol mengirim beberapa ekspedisi untuk mendiami pulau tersebut dan mendirikan sebuah koloni,namun gagal.Pada 1767 Kapten Philip Carteret menemukan kembali Santa Cruz dan Malaita. Kemudian penjelajah dari Belanda, Perancis,dan Inggris sering dan secara bergantian mengunjungi pulau  tersebut;namun penerimaan penduduk setempat tidak ramah.
32.Negara Kaledonia Baru
sebuah negeri seberang laut Perancis terletak di Samudra Pasifik selatan.(Kanaki)nama penduduk asli kepulauan itu.Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis.Nama berasal dari bahasa Latin Skotlandia.Ibu kota Noumea.dihuni oleh sebagian suku Jawa.Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru mencari kehidupan lebih baik di negeri asing.Perpindahan orang Jawa Kaledonia  mirip orang Jawa Suriname,namun kepindahan orang Jawa di Pasifik terhenti sejak 1949 penduduk asli Kaledonia sangat menghormati keturunan Jawa.Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa.namun kini sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis.
33. Republik Maladewa
sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia.Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India,sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka.Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.peningkatan permukaan laut akan menyebabkan beberapa/semua pulau di wilayah negara ini tak bisa dihuni dan harus mencari tempat tinggal altenatif bagi penduduk Maladewa.Maladewa berada di lokasi strategis di jalur Samudera Hindia, dan memiliki pantai yang sangat indah.Sebanyak 80 pulau dipenuhi rresort turis.Namun letaknya yang lebih rendah dari pada permukaan laut, membuat wilayah Maladewa sangat sensitif terhadap peningkatan permukaan laut.Maladewa merupakan negara kepulauan karang di Samudera Hindia.Total luas wilayah kepulauan karang Maladewa adalah 300 km.Negara yang beribukota Male memiliki garis pantai sepanjang 644 kilometer,dengan jumlah penduduk 349.106 dan tingkat kepadatan 1.163 jiwa/km.negara ini mayoritas penduduknya beraliran Sunni tersebut.Titik terendah adalah Samudera Hindia 0 m,dan titik tertinggi berada di lokasi tak bernama di pulau Wilingili di Karang Addu,yaitu setinggi 2,4 meter.  Maladewa beriklim tropis: panas dan lembab.Sebanyak 80 persen pulau mempunyai ketinggian kurang dari 1 meter di atas permukaan laut.sebuah studi mengatakan bahwa pulau-pulau tersebut dapat tenggelam dalam jangka waktu 100 tahun. 
 34.Negara Falkland
sebuah negara yang terletak di tujuan Amerika di bagian timur negara.Falkland Administrasi di bawah wilayah North Carolina.Di kota Mei.Virginia Pantai Samudra Angin.Waterpark (Amerika) Virginia Akuarium (Amerika)Perang Falkland/Malvinas membangkitkan sejumlah pemikiran mengenai sebab konflik antar bangsa.Perang  menantang sejumlah asumsi tentang konflik yang telah menjadi aksioma di antara kaum profesional dalam politik.Asumsi aksiomatik 1 yang ditantang oleh Perang Malvinas/Falkand pendapat bahwa "negara yang lebih lemah tidak akan menyerang yang lebih kuat”,khususnya negara nuklir.Yang ke 2 menantang asumsi bahwa para pemimpin melakukan perang untuk mengalihkan perhatian warganya dari masalah dalam negeri.Perang Malvinas/Falkland juga menunjukkan potensi berbahaya ketika pemimpin keliru memperkirakan kepentingan lawan,bahaya kekeliruan persepsi dari watak seorang kepala pemerintahan,dan pentingnya perspektif budaya dan sejarah.
35.Republik Islam Federal Komoro
sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia.mayoritas penduduk memeluk agama Islam.Komoro terletak di penghujung utara Selat Mozambik,di antara Madagaskar & Mozambik. Wilayahnya terdiri dari 3 pulau utama:Grande Komoro,Anjouan dan Moheli.luas wilayah 2,170 jumlah penduduk 671.247 jiwa dengan tingkat kepadatan 309 jiwa/km.Nama negara ini berasal dari kata al Khamar yang bermakna pulau bulan kecil.Ibu kota Moroni yang terletak di Grande Komoro.Negara yang luas wilayahnya lebih kecil dari pulau Alor.karena perbedaan agama maka sebagian yang beragama Kristen tetap bersama Perancis.Departemen Pendidikan Republik Federal Islam Komoro.menyampaikan permintaan persetujuan untuk mendirikan Universitas cabang Al-Azhar di Kepulauan Komoro,dan menambah kuota penerimaan mahasiswa Kepulauan Komoro di Al-Azhar untuk menghadapi gerakan Ateisme yang sedang marak di negara tersebut.tercatat sekitar 1.204 mahasiswa dan mahasiswi dari Kepulauan Komoro tengah menimba ilmu agama di kampus yang berada di Al-Azhar.

3 komentar:

  1. ternyata banyak juga ya negara-negara kecil.. beberapa nama sudah umum saya dengan. tapi beberapa nama baru saja saya dengan seperti negara solomon.
    www.belejaringgrisfun.com
    http://everythingaboutvanrush88.blogspot.com
    http://101alasan.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Trima kasih infonya. ternyata banyak sekali negara kecil yang jarang terdengar. apakah mereka semuanya masuk dalam keanggotaan di PBB ?

    salam

    BalasHapus
  3. Negara negara, luasnya hanya ada yang se kecamatan.

    BalasHapus

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut