Calendar

Senin, 10 Januari 2011

Negara kecil dalam benua afrika berdasarkan peta

Republik Benin
Sebuah negara di Afrika Barat berbatasan dengan Burkina Faso dan Niger di utara, Nigeria di timur, dan Togo di barat. Dahulu di sebut Dahomey berasal dari sebuah kerajaan pada abad 17 yang berada di daerah ini. Ibu kota Portonovo dengan luas wilayah 112.620 km, penduduk 6.769.914 jiwa dengan kepadatan 66 km/jiwa. Kérékou yang menguasai pemerintahan melalui kudeta, karena konflik pergantian rezim mengubah kembali dengan nama "Benin". Negeri ini dibatasi Sungai Niger di utara dan dataran pesisir di selatan, di timur sedikit tak datar.Titik tertinggi Gunung Sagboroa setinggi 658 m.

 Republik Burundi
Sebuah negara di Afrika Timur tanpa laut di daerah danau besar afrika. Berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur. dan Kongo di barat. Burundi berasal dari bahasa Bantu: Kirundi negara yang memilki masalah yang berasal dari tekanan penduduknya mengakibatkan terjadinya konflik di afrika dan dunia. Ibu kota Bujumbura dengan luas wilayah 27.830 km dan penduduknya 7.948.000 dengan kepadatan 206,1 km/jiwa. Merupakan negara kecil yang padat penduduk.

Republik Djibouti
Sebuah negara di pesisir Teluk Aden, pintu masuk Laut Tengah. Berbatasan dengan Eritrea di Timur, Somalia di tenggara, dan Ethiopia di selatan. Dikenal sebagai salah satu bagian dari tanduk afrika. Ibu kota kota Djibouti dengan luas wilayah 23.200 km dan penduduk 476.703 jiwa dengan kepadatan 21 km/jiwa. sejarah Djibouti tercatat di puisi dan lagu penduduk nomadennya, terlacak balik ribuan tahun yang lalu saat orang Djibouti berdagang kulit dan rempah - rempah di India dan Cina kuno. Melalui kontak dengan semenanjung Arab selama lebih dari 1.000 tahun dengan suku Somali dan Afar di kawasan ini merupakan mayoritas yang masih terkait secara tradisional antropologis semit. Kawasan ini terpencil dari akses yang cukup.

Negara Eritrea
Sebuah negara yang mempunyai garis pinggir laut yang panjang menghadap Laut Merah. Berbatasan dengan Djibouti di tenggara, Laut Merah di timur, Sudan di barat, dan Ethiopia di selatan. Eritrea berasal dari bahasa latin Mare Erythraeum (Laut Merah) yang bersal dari kata yunani ερυθρός . erythros yang berarti "merah". Dikenal sebagai salah satu bagian dari tanduk afrika. Ibu kota Asmara dengan luas wilayah 121.320 km penduduk 4.561.599 jiwa dengan kepadatan 37 km/jiwa. Kepulauan Dahlak dan banyak pulau di Kepulauan Hanish (Arab saudi dan Yaman) merupakan sebagian Eritrea.Negara ini tidak mempunyai bahasa resmi, tetapi banyak memiliki bahasa dan budaya dengan 2 agama utama serta 9 suku, mereka bertutur dalam bahasa yang berlainan dalam kegiatan sehari - hari.

Republik Gambia
Sebuah negara di Afrika Barat berbatasan dengan Senegal di utara, timur dan selatan. Sungai Gambia di tengah mengalir ke Samudra Atlatik di barat. Wilayah negara terkecil di Afrika daratan ini tergolong unik karena jika Senegal di anggap sebagai mulut maka Gambia merupakan lidahnya. Ibu kota Banjul dengan luas wilayah 10.380 km, penduduk 1.641.564 jiwa dengan kepadatan 140 km/jiwa. Gambia negara yang kaya dengan pertanian, peladagangan, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Namun 1/3 penduduk hidup di bawah garis kemiskinan.

Republik Guinea Bissau
Sebuah negara kecil di Afika Barat berbatasan dengan  Senegal di utara dan Guinea di barat. Negara ini memiliki lebih dari 25 gugusan kepulauan. Ibu kota Bissau dengan luas wilayah 36.120 km, penduduk 1.442.029 jiwa dengan kepadatan 48 km/jiwa.

Republik Guinea (Guinea Conakry)
Sebuah negara kecil di afrika barat berbatasan dengan Guinea Bissau di utara, Senegal di Barat Laut, Mali di Timur Laut, dan Siera Leona di selatan. sekarang negeri ini kadang disebut Guinea Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea Bissau. Ibu kota Conakry dengan luas wilayah 245.857 km, penduduk 9.467.866 jiwa dengan kepadatan 30,4 km/jiwa.

Republik Guinea Khatulistiwa
Sebuah negara berbatasan dengan Kamerun di utara, Gabon di timur dan selatan. Terletak di Teluk Guinea, pantai barat Afrika, Sebagian besar wilayahnya masih diselimuti hutan belantara. negara ini termasuk negara mini di Afrika dan merupakan pengguna tunggal bahasa spanyol di Benua Afrika. Ibu kota Malabo dengan luas wilayah 28.051 km, penduduk 607.815 jiwa dengan kepadatan 19 km/jiwa.

Negara Lesotho
Sebuah negara kantong (enklave) di wilayah afrika selatan. Sebagian besar penduduknya, yang dikenal sebagai suku bangsa Basotho, bermukim di desa yang terdiri atas rumah yang dihias dengan pola yang indah. Ibu kota Maseru dengan luas wilayah 30.355 km, penduduk 2.389.339 jiwa dengan kepadatan 61 km/jiwa. Lesoto dikenal sebagai kerajaan di atas langit karena seluruh wilayahnya berada di ketinggian 1.000 m di benua afrika. Kerajaan ini memanfaatkan sumber daya alamnya yang berupa air yang lebih dikenal sebagai emas putih.

Republik Liberia 
Sebuah negara di pesisir barat afrika berbatasan dengan Guinea, Pantai Gading, dan Siera Leone. Suku Krahn merupakan mayoritas penduduk Liberia yang merupakan penduduk asli keturunan Afrika. Ibu kota Monrovia dengan luas wilayah 111.370 km, penduduk 3.482.211 jiwa dengan kepadatan 31 km/jiwa. Negara ini 2X mengalami perang saudara (1989 - 1996 dan 1999 - 2003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduk mengungsi dan menghancurkan perekonomian negara tersebut.

Republik Malawi
Sebuah negara yang terkurung di dalam daratan afrika di selatan berbatasan dengan Tanzania di utara, Mozambik di timur, barat, dan bersama Danau Malawi di selatan serta Zambia di Barat Laut. Malawi di yakini berasal dari suku di wilayah selatan/inspirasi dari cahaya matahari yang menyinari danau. Ibu kota Lilongwe dengan luas wilayah 196.190 km, penduduk 12.529.697 jiwa dengan kepadatan 88 km/jiwa.

Republik Rwanda
Sebuah negara yang berbatasan dengan Uganda di utara, Tanzania di timur dan selatan, Kongo di barat, dan Burundi di selatan. Ibu kota Kigali dengan luas wilayah 26.338 km dan penduduknya 9.058.392 jiwa dengan kepadatan 281 km/jiwa. Suku Twa di anggap yang tertua karena di percayai merupakan sisa pemukim terawal di sini. Genosida di Rwanda pada 1994 menelan korban 1 juta jiwa, dalam waktu singkat negara ini menjadi teladan dan merupakan negara terbersih di benua afrika dan dunia.

Republik Senegal
Sebuah negara yang terletak di selatan Sungai Senegal Afrika Barat, berbatasan dengan Mauritania di utara, Mali di timur, Samudra Atlantik di barat, dan Guinea Bissau bersama Guinea di selatan. Negara yang di anggap sebagai mulutnya Gambia karena Gambia merupakan daerah kantong di wilayah Senegal. Ibu kota Dakar dengan luas wilayah 196.190 km, penduduk 11.187.121 jiwa dengan kepadatan 52 km/jiwa. Negara ini di kalangan negara Afrika dikenal sebagai Les Lions de la Tonga (Negeri Singa Yang Ramah).

Negara Swaziland
Sebuah negara kerajaan kecil di afrika bagian selatan. Terletak antara perbatasan Mozambik di timur dan Afrika Selatan di barat yang tidak memiliki garis pantai. Mayoritas penduduk berasal dari suku Swazi, dan sejumlah kecil dari suku Zulu. Ibu Kota Mbasane dengan luas wilayah 17.363 km, penduduk 1.146.050 jiwa dengan kepadatan 67 km/jiwa.

Republik Togo 
Sebuah negara di Afrika Barat yang merupakan negara di bagian Gurun Sahara yang kecil. Berbatasan dengan Burkina Faso di utara, Benin di timur, Ghana di barat, dan Teluk Benin di selatan. Ibu kota Lome dengan luas wilayah 56.785 km, penduduk 5.200.000 jiwa dengan kepadatan di perkirakan 98 km/jiwa.

Republik Uganda
Sebuah negara berbatasan dengan Sudan di utara, Kenya di timur, Rwanda di barat daya, Kongo di barat dan danau Victoria serta Tanzania di selatan. Uganda berasal dari Kerajaan Buganda yang wilayahnya dahulu mencakup bagian selatan. Yang di huni oleh beberapa suku besar yang berprofesi sebagai pemburu. Negara yang berjulukan Mutiara Afrika di berikan oleh Wiston Churchill. Perdana Menteri Inggris pada perang dunia 2. Ibu kota Kampala dengan luas wilayah 236.040 km, penduduk 27.810.000 jiwa dengan kepadatan 115 km/jiwa. Pada 1860 Giovani Miani (penjelajah dari Italia) merupakan orang pertama yang menemukan Uganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut