Calendar

Senin, 16 Mei 2011

Hormon rasa kantuk

Rasa kantuk merupakan sebuah sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa makhluk hidup tersebut dapat beristirahat dari segala bentuk kegiatan yang dilakukannya hampir setiap hari. Waktu yang ideal untuk beristirahat kurang lebih 8 jam sehari, itu cukup untuk mengatasi rasa kantuk yang menerpa tubuh.

Selain dari rasa lelah dapat timbul dari beberapa faktor:
1. Kekenyangan
Rasa kantuk timbul karena makan dalam porsi yang besar dapat memberikan efek pada tubuh berupa aliran darah yang berisi oksigen ke otak berkurang.

2. Hipoteroid (produksi hormon teroid yang menurun)
Teroid merupakan suatu kelenjar yang terdapat pada manusia, yang berada dalam leher bagian dalam. Yang berfungsi sebagai pengatur proses penyerapan energi pada makan yang digunakan oleh tubuh.


3. Dehidrasi
Gejala ini timbul karena tubuh kekurangan cairan pada saat beraktifitas, jadi rasa kantuk yang timbul karena kelelahan cobalah minum air untuk menghilangkan rasa kantuk yang timbul.


4. Makanan manis
Zat gula dapat menaikan energi dalam tubuh secara cepat namun dapat pula menurunkan energi dalam tubuh secara cepat juga. penurunan zat gula dalam darah secara drastis dapat menimbulkan rasa kantuk karena energi yang dihasilkan berkurang.


5. Makanan berlemak
Zat protein berfugsi sebagai penghasil tenaga tetapi protein dalam tubuh memerlukan waktu yang panjang untuk dirubah menjadi energi.


6. Zat besi yang rendah
Zat besi berfungsi sebagai penambah energi dan kalori untuk membatu proses metabolisme dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut