Calendar

Rabu, 04 Mei 2011

Tanaman jarak

Tanaman jarak (Ricinus communis) merupakan tumbuhan liar yang berkembang dalam jangka waktu setahun.Tanaman jenis ini tumbuh dengan baik di daerah tropis, dengan tinggi antara 10 - 40 cm dengan memiliki daun tunggal berjari.

Berbagai jenis  tanaman jarak
Hampir seluruh jenis tanaman jarak tumbuh subur di daerah tropis, di antaranya:


A. Tanaman jarak kepyar (jarak jepang)
Jenis tanaman ini dikenal sebagai Castor oil plant dalam pasar dunia, berbuah sekali dalam setahun. Dengan ciri buah berwarna hijau saat muda dan coklat setelah tua. Bijinya mengandung minyak setelah melalui proses penyulingan dan Glycoprotein (Ricin) yang bersifat sebagai racun.


B. Tanaman jarak pagar (jarak cina)
Jenis tanaman ini berbuah dalam waktu setahun. Komposisi biji jarak terdiri dari:20% minyak yang berasal dari kulit, 80% dari daging buah, mengandung 40% - 60% minyak dan 32% - 48% ampas pengolahan.

Minyak jarak 

Minyak jarak merupakan minyak nabati yang memiliki kegunaan dan karakteristik yang khas. Minyak yang diproduksi secara alami bersifat trigliserida yang mengadung 90% asam ricinoleat. Minyak jarak juga merupakan sumber utama asam sebasat, suatu asam dikarboksilat. Pemanfaatan minyak jarak digunakan untuk kegiatan farmasi dan industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut