Calendar

Rabu, 12 Januari 2011

Astonomi

Astronomi yang berarti ilmu perbintangan berasal dari bahasa yunani (άστρο, + νόμος) merupakan ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Sejarah
Berawal dari pengamatan dan ramalan pergerakan benda langit dengan mata telanjang. Rigveda menunjuk kepada 27 rasi bintang merupakan sekelompok bintang yang membentuk suatu konfigurasi khusus yang di hubungkan dengan gerakan matahari dan 12 zodiak yang berasal dari kata Yunani (Zoodiacos Cyclos) yang berarti Lingkaran Hewan merupakan sabuk khayal di langit yang berpusat pada lingkaran. Di simpulkan bahwa semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran. Rasi bintang:
  1. Aquarius: Pembawa Air, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jan - 16 Feb (26 hari)
  2. Pisces: Ikan, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Feb - 11 Mar (24 hari)
  3. Aries: Domba, Matahari berada di depan rasi ini selama 11 Mar - 18 Apr (38 hari)
  4. Taurus: Kerbau, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Apr - 13 Mei (25 hari)
  5. Gemini: Si Kembar, Matahari berada di depan rasi ini selama 13 Mei - 22 Jun (40 hari)
  6. Cancer: Kepiting, Matahari berada di depan rasi ini selama 22 Jun - 21 Jul (29 hari)
  7. Leo: Singa, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jul - 10 Ags (20 hari)
  8. Virgo: Gadis Perawan, Matahari berada di depan rasi ini selama 10 Ags - 16 Sep (37 hari)
  9. Libra: Timbangan, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Sep - 31 Okt (45 hari)
  10. Scorpio: Kalajengking, Matahari berada di depan rasi ini selama 31 Okt - 23 Nov (23 hari)
  11. Sagitarius: Si Pemanah, Matahari berada di depan rasi ini selama 23 Nov - 18 Des (25 hari)
  12. Capricorn : Kambing Laut, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Des - 21 Jan (34 hari)
Astrologi merupakan ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda tata surya (planet, bulan dan matahari) dengan nasib manusia yang berdasarkan pada kedudukan benda tata surya dalam zodiak.

Yunani kuno mengartikan Sistem Magnitudo (skala kecerahan):jika semakin besar skala maka kecerahan bintang akan semakin besar, jika makin kecil skala maka energi yang diterima oleh kita semakin besar.
Pada akhir abad 9 astronom muslim Al Farghani (Abu'l Abbas Ahmad ibn Muhammad ibn Kathir Al Farghani) lahir di kota fargana, Tansoksiana. Merupakan astronom dengan karyanya yang terkenal Kitab fi al Harakat al Samawiya wa Jawami Ilm al Nujum (elemen Astronomi) buku tentang gerakan menyeluruh surgawi dan ilmu tentang bintang pada masa Khalifah Al Mutawakil. Pada akhir abad 10 observatorium yang sangat besar dibangun di dekat Teheran, Iran, oleh astronom Al Khujandi yang mengamati garis bujur Matahari, menghitung sudut miring dari gerhana. Di persia Umar Khayyām (Ghiyath Al Din Abu'l Fath Umar ibn Ibrahim al Nisaburi al Khayyami) menyusun banyak tabel astronomis dan melakukan reformasi kalender yang lebih tepat dari pada Kalender Julian dan serupa dengan Kalender Gregorian.

Bintang merupakan benda yang sangat jauh. Dengan spektroskop terbukti bahwa mereka serupa dengan matahari, tetapi dengan berbagai temperatur, massa dan ukuran. Kosmologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta. yang membuat kemajuan sangat besar selama abad 20, serta keberadaan galaksi.
Jagad Raya (galaksi) sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri bintang (dengan segala bentuk manifestasinya (bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu kosmik medium antar bintang, Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias [γαλαξίας], yang berarti "susu," dalam kata inggris galaksi di sebut jalan susu (milky way), Dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap. Ledakan Dahsyat yang didukung oleh pengamatan astronomi dan eksperimen fisika, seperti radiasi kosmik gelombang mikro dan elemen kosmologikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut