Calendar

Sabtu, 15 Januari 2011

Kesehatan dalam nanas

Nanas (Ananas comusus (L) Merr) sebagai buah segar buah yang segar yang dapat tumbuh dan berbuah di daratan tinggi hingga 1.000 m dpl. Buah yang berasal dari brazil ini temasuk jenis tanaman semak yang mengandung vitamin yang dikenal sebagai antioksidan (vitamin A & C) yang dapat melindung tubuh dari berbagai serangan penyakit. Termasuk kanker, jantung koroner, dan penuaan dini serta penghalau stres.

Dalam buah ini juga terdapat mangan, karena dibutuhkan tubuh untuk memecah glukosa menjadi energi & pembentukakan lemak dari asam lemak. Buah ini dapat terasa gatal di tenggorokan karena memiliki kadar oksalat cukup tinggi, konsumsi berlebihan kalsium oksalat dapat mengakibatkan batu ginjal. Cara menguranginya dengan pemanasan dan fermentasi.

Sumber Antioksidan
Sebagai salah satu famili Bromeliaceae, aktifitas vitamin A & C dapat menghambat oksidasi molekuler target, menghentikan reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh. Setiap hari sel tubuh terkena kerusakan oksidatif. DNA merupakan pusat informasi genetika + 10.000 serangan oksidatif, ditambah molekul lain seperti lemak dan protein yang amat rentan terhadap kerusakan oksidatif. Dalam keadaan normal radikal bebas dibutuhkan tubuh untuk membunuh kuman, ia akan cepat dibuang. Jika banyak dan bertemu asam lemak tak jenuh yang berada di membran sel, menyebabkan kerusakan oksidatif (penuaan dini).
Vitamin antioksidan, asam askobat, dan beta karotenoid, dapat menstabilkan membran lensa mata dan mempertahankan kosentrasi glutation tereduksi, sehingga dapat terhindar dari katarak. Bromelin alami dalam buah nanas diyakini mempercepat penyembuhan luka operasi, pembekakan, nyeri sendi dan wasir.

Mencegah stres
Serotonin merupakan kandungan penting pada nanas berperan mencegah kanker juga dapat menghalau stres sebab secara filogenik merupakan suatu neurotransmitter primitif berperan dalam menghubungkan makanan dan otak. Makanan yang rendah serotonin dalam waktu lama dalam otak, sehingga dapat memicu stres. Bila stres berlebihan dapat membahayakan sistem saraf. Dengan mengonsumsi buah nanas 200 g / hari secara teratur selama beberapa minggu, tubuh akan memperoleh manfaat ganda. Tubuh yang mengalami stres berat dapat normal kembali dan dapat menurunkan kadar kolesterol darah 10%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut