Calendar

Sabtu, 01 Januari 2011

Sejarah penamaan bulan tahun masehi

1. Januari
Merupakan nama dewa bangsa Roma Janus berwajah 2 saling bertolak belakang. Sebagai pelambang masa lalu dan masa kini. Akhirnya menjadi januari sampai kini dijadikan bulan mawas diri, sebagai pemisah tahun lalu dan tahun baru.
 
2. Februari
Berasal dari bahasa latin Februa, suatu pesta penyucian bangsa romawi kuno (setiap tanggal 15). Bulan yang paling sedikit jumlah harinya. 28 hari tahun biasa dan 29 hari tahun kabisat (4 tahun sekali) untuk mengimbangi jumlah hari dalam setahun yang tidak bulat (365 hari, 5 jam, 48 menit dan 46 detik).

3. Maret
Semula merupakan bulan pertama dalam kalender masehi (kalender julian). Tidak diketahui secara jelas faktor yang menyebabkan berpindah ke urutan 3. Berasal dari kata mars (dewa perang bangsa romawi kuno).

4. April
Asal  kata bulan ini masih simpang siur. Sebagian mengatakan bahwa april berasal dari Aphrodite, yang berarti dewi cinta. Jika di lihat dari asal kata Aperire yang berarti membuka. Karena orang Yunani menyebut musim semi yang dimulai pada bulan ini dengan istilah "pembukaan".

5. Mei
Diperkirakan diambil dari istilah Maia Majesta (dewa musim semi).Di sambut meriah dengan festival oleh rakyat eropa. Gadis tercantik dan pria tertampan dipilih untuk dinobatkan  menjadi raja (Robin Hood) dan ratu (Maid Marian) untuk menjadi pemimpin tarian dalam festival tersebut.

6. Juni
Berasal dari kata juno (dewi feminim) melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagiaan keluarga. Bagi sebagian masyarakat eropa, bulan ini dianggap bulan yang terbaik untuk melangsungkan pernikahan.

7. Juli
Pada mulanya bernama Quintilis dan terletak pada bulan ke 5. Ketika roma dikuasai oleh Mark Anthony nama bulan ini di rubah menjadi juli (julius caesar) sebagai penghormatan kepada kaisar romawi yang terkenal itu. Tidak jelas bahwa urutan bulan juga dirubahnya/ tidak.

8. Agustus
Serupa dengan juli, agustus berasal dari nama yang sama. yang berbeda caesar sendiri yang mencantumkannya dalam kalender. Untuk kekuasaannya dia mengurangi hari pada bulan febuari untuk ditambahkan pada bulan ini.

9. September
Berasal dari kata latin Septa yang berarti 7. Pada abad ke 8 SM pembagian tahun dirubah dari 10 bulan memjadi 12 bulan (dari urutan 7 pada kalender julian menjadi urutan ke 9 hingga sekarang ini).

10. Oktober
Serupa dengan september berasal dari kata latin Okto yang berarti 8. Semula pada urutan ke 8  menjadi urutan ke 10. Belum diketahui apakah ada perbaikan arti untuk kesesuaian urutan bulan tersebut.

11. November
Berasal dari kata latin Novem yang berarti 9 memiliki 29 hari (bukan 30 hari seperti sekarang). Tidak jelas mengapa hal tersebut dapat terjadi. Masyarakat inggris kuno menyebut bulan ini sebagai "bulan berdarah" karena pembantaian ternak untuk persediaan selama musim dingin.

12. Desember
Berasal dari kata latin Decem yang berati 10 yang merupakan bulan terakhir dari penanggalan selama setahun, Oleh bangsa yang hidup di negara belahan bumi utara dikenal sebagai "bulan suci" karena semua negeri tertutup oleh salju dan es yang memutih sepanjang hari.

Catatan;
Kalender Gregorian merupakan penyempurnaan Kalender Julian berdasarkan tahun masehi yang berasal dari bahasa arab. Perbedaan Kalender Gregorian dengan  Kalender Julian:

  • Kalender Julian
  • 1 tahun selama 365 hari 6 jam. kelebihan 7 - 8 hari (11 menit 14 detik/tahun).
  • setiap tahun yang bisa dibagi dengan 4 merupakan tahun kabisat.
  • Kalender Gregorian
  • Berdasarkan revolusi bumi selama 1 tahun 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik
  • tahun yang bisa dibagi dengan 100 hanya dianggap sebagai tahun kabisat jika tahun ini juga bisa dibagi dengan 400. 
kalender ini digunakan  di dunia hingga sekarang.

1 komentar:

  1. bbz poker at the best online poker site - Thauberbet.com starvegad starvegad 카지노사이트 카지노사이트 4Best Betting Tips for today football matches - Konicasino

    BalasHapus

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut