Calendar

Selasa, 18 Januari 2011

Kehidupan laut

Daerah pantai merupakan daerah perbatasan antara daratan dan perairan laut. Garis pantai merupakan garis pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat gelombang pasang air laut tertinggi. Ombak merupakan fenomena gelombang permukaan air laut yang terjadi karena arah angin dan pasang surut air laut, karena gaya gravitasi bulan dan matahari.


Laut merupakan kumpulan air asin yang luas dan saling berhubungan. Konsentrasi air di laut terdiri dari campuran 96,5% air murni, 3,5% (garam, gas terlarut, bahan organik, dan partikel tidak terlarut). Laut tebentuk dari 4,4 milyar tahun yang lalu bersifat sangat asam dengan air yang mendidih, karena atmosfer di penuhi oleh karbon dioksida dan suhu yang tinggi di bumi.

Biota laut merupakan seluruh makhluk hidup yang berada di dalam laut. Yang terbagi dalam 3 kelompok besar dalam sistem ekologi yaitu: plankton, nekton dan bentos. Tingginya kadar karbon dioksida di dalam atmosfer bumi kemungkinan dapat menpengaruhi kehidupan biota laut, yang mempengaruhi sumber makanan laut. Di seluruh dunia, ikan dari laut menyediakan hampir 1/5 dari protein hewani yang dikonsumsi manusia.

Biota laut termasuk terumbu karang yang merupakan sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang di sebut zooxanhellae.Zooxanhellae merupakan suatu jenis alga yang bersimbiosis dengan karang, dengan melakukan fotosintesis menghasilkan oksigen juga tempat berlindung untuk kehidupan laut.

Laut mengandung banyak sekali bakteri berbeda. Bakteri tersebut mengendalikan sirkulasi oksigen, karbon, nitrogen dan belerang, Mikroba laut menghasilkan 1/2 dari keseluruhan produksi oksigen setiap tahunnya. Sehingga atmosfer dapat juga terpengaruh oleh kadar asam laut. Bakteri telah memproduksi oksigen sejak 2 milliar tahun, aktivitas manusia mungkin berdampak pada kehidupan mikroba di laut dan hal ini dapat menimbulkan suatu masalah bagi umat manusia di masa mendatang.

Genom merupakan keseluruhan bahan genetik yang membawa semua informasi pendukung kehidupan pada suatu makhluk hidup (gen/bukan). Pada semua makhluk hidup, genom mencakup semua informasi genetik yang dibawa dalam DNA, yang berada di inti sel (nukleus), mitokondria, maupun plastida.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa sea sponge, yang merupakan biota laut sejenis bunga karang. Memberikan harapan hidup rata-rata 13 bulan (lebih tinggi 23 %), sementara obat lain hanya 10,7 bulan.

Hal ini berdasarkan uji klinis terhadap 750 pasien wanita penderita kanker payudara metastatis. Seluruh pasien pernah menjalani perawatan ekstensif, dan rata-rata telah menjalani 4 kali kemoterapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut