Calendar

Jumat, 24 Desember 2010

Kacang hijau obat panjang umur

I. Pendahuluan
Kacang hijau (Phaseolus radiatus)yang biasa disebut mungbean merupakan yang tumbuh hampir semua tempat di indonesia dengan bebagai makanan dan minuman olahan beserta kecambahnya dari masyarakatnya.menjadi makanan tradisional yang sangat lezat. Bahkan untuk program makanan tambahan balita diposyandu. Sebagai salah satu famili leguminoceae, kacang hijau mengandung protein tinggi sebesar 24%. Dalam menu keseharian masyarakat merupakan alternatif sumber protein nabati terbaik. Protein nabati memiliki asam amino pembatas dibandingkan protein hewani yang diserap oleh tubuh.

II. khasiat
Vitamin yang paling banyak yaitu B1 danB2, sejak 1911 vitamin B1(tiamin) mulai dibicarakan sebagai hormon makanan dikenal sebagai anti beri - beri. Dalam percobaan selanjutnya pada 1897 Dr Eykman (ilmuan belanda di indonesia) vitamin B1 juga bermanfaat membantu proses pertubuhan. Vitamin B1 bagian dari koenzim yang berperan penting dalsm oksidasi karbohidrat menjadi energi konon, vitamin B1 juga dikenal sebagai vitamin semangat karena mempengaruhi produktifitas tubuh.

Vitamin B2(riboflavin) yang cukup tinggi dalam kacang hijau mempunyai fungsi yang beragam sama seperti vitamin B1 berperan dalam membantu proses pertumbuhan.  Dari percobaan menunjukan bahwa vitamin B2 yang cukup dapat menunjukan kegiatan yang aktif, mencapai umur panjang dan memperlambat kesenilan(pikun). Kebanyakan ahli berpendapat bahwa kecukupan vitamin B2 menjamin kesehatan yang baik, tergantung pada umur, berat badan, dan asupan energi dan protein. Vitamin B2 meningkatkan pemanfaatan protein, sehingga penyerapannya lebih efisien. Inilah yang mungkin menjelaskan vitamin B2 sebagai pembantu proses pertumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut