Calendar

Rabu, 22 Desember 2010

Sari sayuran : Minuman kesehatan

I. Pendahuluan
Sari sayuran (jus sayuran) merupakan jenis minuman kesehatan yang baru di indonesia. Berbeda dengan jus buah yang terkenal dalam masyarakat dengan mudah didapatkan. Di indonesia, Dr.R.A Naigolan banyak menulis dan berbicara tentang pengobatan dengan jus sayuran. Dr.Norman dari belanda sudah cukup lama meneliti dan menulis mengenai jus sayuran (juice theraphy) untuk penyembuhan berbagai penyakit. Bermula dari cerita manusia zaman dahulu yang tidak pernah merasakan makanan zaman sekarang. Mereka makan sayur/buah segar yang masih mentah mereka pun dapat hidup antara 120 - 140 tahun yang terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.
II. Proses pembuatan
Prinsip pembuatan sama persis dengan jus buah yang terpenting menjaga alat dan bahan baku tetap bersih dan higenis. Disarankan Dr.Norman beberapa jenis sayuran dan bahan tambahan bervariasi yang dapat digunakan sebagai pengobatan (juice theraphy):
Umumnya pengobatan jus sayuran dengan baku utama wortel.
  1. Wortel dengan bayam, kol dan apel.
  2. Wortel dengan bayam, seledri, bit, dan mentimun.
  3. Wortel dengan seledri, mentimun dan kelapa.
  4. Wortel dengan bayam dan selada air.
  5. Wortel dengan bayam, mentimun, seledri, kelapa dan lemon.
  6. Wortel dengan seledri, apel, nanas, bit, dan mentimun.
  7.  Wortel dengan seledri, bayam, bit, mentimun, kelapa, apel, dan jeruk.dan banyak lagi yang lain.
Pengobatan dengan sari sayuran segar harus dilakukan secara rutin hingga sehat dan bugar. Sari sayuran lebih ditunjukan sebagai pencegahan dari pada pengobatan komponen bioaktif dalam sari sayuran dapat mencegah penyakit beresiko tinggi.
III. Khasiat
Komposisi utama sari sayuran dipercaya mengandung zat mencegah kanker, mencegah/mengobati penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebagai pemusnah radikal bebas dalam terciptanya penyakit degeneratif. Sari sayuran mengandung serat larut yaitu:serat makanan (dietary fibri). baik untuk pencernaan dan mencegah timbulnya karsinoma dan dapat memperbaiki metabolisme karbohidrat. Jus sayuran  dapat melengkapi menu makanan seimbang dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Cari Blog Ini

Pengikut